Sejarah Toko Gadai (Pawn Shop)


“I’m Rick Harrison and this is my pawn shop. I work here with my Old Man and my son, Big Hoss, and in 23 years I’ve learned one thing. You never know what is gonna come through that door.” 



PENGERTIAN SECARA UMUM
Gadai adalah suatu hak yang diperoleh seorang berpiutang atas suatu barang bergerak, yang diserahkan kepadanya oleh seorang berhutang atau oleh seorang lain atas namanya dan yang memberikan kekuasaan kepada si piutang itu untuk mengambil pelunasan dari barang tersebut secara didahulukan dari pada orang-orang berpiutang lainnya dengan kekecualian biaya untuk melelang barang tersebut dan biaya yang telah dikeluarkan untuk menyelamatkannya setelah barang itu digadaikan, biaya-biaya mana yang harus didahulukan (Badrul Zaman, 1991).

Dalam syariat Islam, makna gadai secara etimologi / bahasa adalah “tertahan” sebagai mana dalam satu ayat al-Qur’an:

“Tiap-tiap jiwa tertahan (untuk mempertanggungjawabkan) atas apa yang telah diperbuatnya (QS. Al-Muddatstsir [74]: 38)

Atau bermakna “diam tidak bergerak”, sebagaimana dikatakan para ahli fiqh:

“Haram bagai seseorang kencing di air yang rahin, yaitu air yang tidak bergerak”

Makna gadai menurut istilah ahli fiqh adalah “barang yang dijadikan sebagai jaminan hutang apabila tidak dapat melunasinya”. (Lihat Fathul Bari 5/173, al-Mughni 6/443, Aunul Ma;bud 9-10 / 319)

Toko gadai memiliki sifat-sifat:
a. Gadai adalah untuk benda bergerak
Artinya obyek gadai adalah benda bergerak baik berwujud maupun tidak berwujud (hak tagihan).

b. Sifat kebendaan.
Artinya memberikan jaminan bagi pemegang gadai bahwa dikemudian hari piutangnya pasti dibayar dari nilai barang jaminan.

c. Benda gadai dikuasai oleh pemegang gadai.
Artinya benda gadai harus diserahkan oleh pemberi gadai kepada pemegang gadai.

d. Hak menjual sendiri benda gadai.
Artinya hak untuk menjual sendiri benda gadai oleh pemegang gadai.

e. Hak yang didahulukan

f. Hak accessoir.
Artinya hak gadai tergantung pada perjanjian pokok. (Badrul Zaman, 1991).

Barang yang dapat digadaikan yaitu semua barang bergerak seperti barang-barang perhiasan, elektronik, peralatan rumah tangga, mesin, tekstil, dll.
Barang yang tidak dapat digadaikan seperti barang milik pemerintah, surat-surat berharga, hewan dan tanaman, bahan makanan dan benda yang mudah busuk, benda-benda yang kotor, benda-benda yang untuk menguasai dan memindahkan dari satu tempat ke tempat lain memerlukan izin, barang yang karena ukurannya yang besar maka tidak dapat disimpan digadaian, barang yang tidak tetap harganya. (Badrul Zaman, 1991).

HAK DAN KEWAJIBAN GADAI
a. Hak pemegang gadai.
Menjual gadai dengan kekuasaan sendiri dan atau dengan perantara hakim, atas izin hakim tetap menguasai benda gadai, mendapat ganti rugi, retorsi dan hak undang-undang untuk didahulukan.

b. Kewajiban pemegang gadai.
Bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang gadai karena kelalaiannya, memberitahukan kepada pemberi gadai apabila barang gadai itu di jual dan bertanggung jawab terhadap hasil penjualan barang gadai tersebut. (Badrul Zaman, 1991).

BERAKHIRNYA GADAI
Perikatan kredit melalui lembaga gadai akan berakhir pada saat dilunasinya kredit gadai oleh pemberi gadai kepada pemegang gadai sesuai isi pengikat. Gadai dapat diperpanjang dengan cara mengadaikan perjanjian baru. (Badrul Zaman, 1991). 


Kegiatan pegadaian.

SEJARAH TOKO GADAI DI DUNIA

Masih samar-samar mengenai kebudayaan mana yang memulai usaha gadai terlebih dahulu. Tapi, cikal bakal toko gadai sudah ada di peradaban China, Yunani, dan Romawi.

CHINA

Di China, toko gadai sudah ada sejak 2000-3000 tahun yang lalu. Usaha ini sangat diawasi dengan ketat, sehingga sangat mustahil melakukan tipuan atau pembohongan. Secara khusus, pelanggan diberi waktu waktu tiga tahun untuk menebus properti mereka, dan mereka tidak dapat dikenakan tarif yang lebih tinggi dari 3% per tahun.

YUNANI DAN ROMAWI

Yunani dan Romawi dianggap sebagai pencetus sistem gadai modern. Di Romawi, mereka memiliki aturan/ sistem gadai sendiri (Roman's Law) seperti pegawai di toko pegadaian harus memakai seragam, furnitur khusus, dilarang melakukan perjanjian, dan sebagainya. Kaisar Augustus mengkonversi harta-harta rampasan perang atau harta dari penjahat menjadi harta negara dengan sistem gadai Roman's Law. Harta negara ini kemudian boleh dipinjamkan kepada rakyat, tanpa bunga.

EROPA ABAD PERTENGAHAN

Di Italia, sistem perjanjian mulai diterapkan dan sudah umum di seantero Eropa. Hal ini dikarenakan tuntutan uskup-uskup Italia untuk meminjamkan uang kepada orang miskin. Pada suatu keadaan, keuntungan bisa diperolah dari nilai perjanjian yang ada.

Tahun 1198, hal serupa juga diterapkan di Bavaria.


Suasana toko gadai, lukisan oleh Thomas Reynolds Lamont.

Di Inggris, tahun 1361. Michael Northbury, atau de Northborough, seorang bishop dari London, mewariskan 1000 untuk pembetukan toko gadai gratis. Pada tahun inilah dimulainya usaha gadai pertama di Inggris.

Sistem gadai primitif di Italia telah gagal, karena di Vatikan telah mengeluarkan aturan gadai terbaru. Vatikan mengizinkan sistem Sacri monti di pietàuntuk membebankan suku bunga kepada pelanggan mereka untuk memungkinkan para pelanggan untuk membayar lebih besar. Sistem ini rupanya mendapat banyak tentangan karena dirasa sangat merugikan. Pope Leo X menyatakan bahwa usaha gadai adalah usaha yang tidak bertentangan dengan hukum dan berharga, dan diancam dengan pengucilan bagi mereka yang meragukan kesahan usaha gadai.

Dari Italia inilah sistem gadai terus disempurnakan. Hingga akhirnya, seluruh kerajaan di Eropa mulai mengadopsi sistem Italia, dengan berbagai modifikasi tentunya agar sesuai dengan hukum yang berlaku di kerajaannya.

LAMBANG TOKO GADAI

Lambang toko gadai di Eropa zaman pertengahan.

Lambang toko gadai diambarkan memiliki tiga buah bohlam lampu. Tiga bohlam lampu ini sering dipasang di depan atau samping pintu toko gadai, karena mayoritas orang Eropa buta huruf, dan satu-satunya cara untuk mengenal toko gadai adalah dengan tiga bohlam lampu ini. 


Penggunaan simbol tiga bohlam lampu di suatu toko gadai.

Penggunaan lambang ini dicetuskan oleh Keluarga Medicii di Florence, Italia. Lambang ini juga merupakan identitas provinsi Lombardy di Italia, dimana kegiatan usaha gadai berada di bawah kuasa bankir Lombardy.
Sebagian besar orang Eropa menyebut toko gadai sebagai Lombard. Rumah Lombard (House of Lombard) adalah keluarga bankir tersohor di London, Inggris.

Selain itu, penggunaan simbol ini terinspirasi dari kisah Saint Nicholas yang memberi tiga karung emas kepada tiga perempuan miskin sehingga mereka bertiga dapat menikah.
SEJARAH TOKO GADAI DI INDONESIA (PEGADAIAN)


Pegadaian di Sukabumi.

Sejarah Pegadaian dimulai pada saat Pemerintah Penjajahan Belanda (VOC) mendirikan BANK VAN LEENING yaitu lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai, lembaga ini pertama kali didirikan di Batavia pada tanggal 20 Agustus 1746.

Ketika Inggris mengambil alih kekuasaan Indonesia dari tangan Belanda (1811-1816) Bank Van Leening milik pemerintah dibubarkan, dan masyarakat diberi keleluasaan untuk mendirikan usaha pegadaian asal mendapat lisensi dari Pemerintah Daerah setempat (liecentie stelsel).Namun metode tersebut berdampak buruk, pemegang lisensi menjalankan praktek rentenir atau lintah darat yang dirasakan kurang menguntungkan pemerintah berkuasa (Inggris). Oleh karena itu, metode liecentie stelsel diganti menjadi pacth stelsel yaitu pendirian pegadaian diberikan kepada umum yang mampu membayarkan pajak yang tinggi kepada pemerintah.

Pada saat Belanda berkuasa kembali, pola atau metode pacth stelsel tetap dipertahankan dan menimbulkan dampak yang sama dimana pemegang hak ternyata banyak melakukan penyelewengan dalam menjalankan bisnisnya. Selanjutnya pemerintah Hindia Belanda menerapkan apa yang disebut dengan ‘cultuur stelsel’ dimana dalam kajian tentang pegadaian, saran yang dikemukakan adalah sebaiknya kegiatan pegadaian ditangani sendiri oleh pemerintah agar dapat memberikan perlindungan dan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan Staatsblad (Stbl) No. 131 tanggal 12 Maret 1901 yang mengatur bahwa usaha Pegadaian merupakan monopoli Pemerintah dan tanggal 1 April 1901 didirikan Pegadaian Negara pertama di Sukabumi (Jawa Barat), selanjutnya setiap tanggal 1 April diperingati sebagai hari ulang tahun Pegadaian.

Pada masa pendudukan Jepang, gedung Kantor Pusat Jawatan Pegadaian yang terletak di Jalan Kramat Raya 162 dijadikan tempat tawanan perang dan Kantor Pusat Jawatan Pegadaian dipindahkan ke Jalan Kramat Raya 132. Tidak banyak perubahan yang terjadi pada masa pemerintahan Jepang, baik dari sisi kebijakan maupun Struktur Organisasi Jawatan Pegadaian. Jawatan Pegadaian dalam Bahasa Jepang disebut ‘Sitji Eigeikyuku’, Pimpinan Jawatan Pegadaian dipegang oleh orang Jepang yang bernama Ohno-San dengan wakilnya orang pribumi yang bernama M. Saubari.

Pada masa awal pemerintahan Republik Indonesia, Kantor Jawatan Pegadaian sempat pindah ke Karang Anyar (Kebumen) karena situasi perang yang kian terus memanas. Agresi militer Belanda yang kedua memaksa Kantor Jawatan Pegadaian dipindah lagi ke Magelang. Selanjutnya, pasca perang kemerdekaan Kantor Jawatan Pegadaian kembali lagi ke Jakarta dan Pegadaian kembali dikelola oleh Pemerintah Republik Indonesia. Dalam masa ini Pegadaian sudah beberapa kali berubah status, yaitu sebagai Perusahaan Negara (PN) sejak 1 Januari 1961, kemudian berdasarkan PP.No.7/1969 menjadi Perusahaan Jawatan (PERJAN), selanjutnya berdasarkan PP.No.10/1990 (yang diperbaharui dengan PP.No.103/2000) berubah lagi menjadi Perusahaan Umum (PERUM). Hingga pada tahun 2011, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 51 tahun 2011 tanggal 13 Desember 2011, bentuk badan hukum Pegadaian berubah menjadi Perusahaan Perseroan (Persero).


Gedung Pegadaian di Sawahlunto.

Kini usia Pegadaian telah lebih dari seratus tahun, manfaat Pegadaian semakin dirasakan oleh masyarakat, meskipun perusahaan membawa misi public service obligation, ternyata perusahaan masih mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam bentuk pajak dan bagi keuntungan kepada Pemerintah, disaat mayoritas lembaga keuangan lainnya berada dalam situasi yang tidak menguntungkan.

Comments

Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...