Melihat Proses Pembuatan Harddisk di China



Harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.
Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar


Spoiler for 


Di China Proses pembuatan Harddisk sangat ketat, bahkan di haruskan berpakaian khusus ketika maasuk ruangan produksi dikarenakan bagian jarak antara piring hard disk dengan kepala kecil, hanya seperseratus ribu setengah sentimeter, jarak lebih kecil dari debu.
Berikut Proses Pembuatannya:   


Spoiler for 

Suasana proses produksi berlangsung, para pegawai berpakaian anti debu. 


Spoiler for 

Kondisi ruangan produksi yang sebagian menggunakan mesin robot dan sedikit memakai beberapa pegawai.  


Spoiler for 

Pengoperasian mesin harus di dasari kursus secara profesional.  


Spoiler for 

Disk, kepala magnetik, bantalan cair (FDB) motorik atau sejenisnya, bagian-bagian ini harus dirakit dalam kondisi bersih dan saat pemasangan hard disk terdapat tekanan yang pas.  


Spoiler for 

Perangkat pembawa piringan disk yang dapat menampung 25 disk di jalankan oleh lengan robot dari unit mesin hard drive.  


Spoiler for 

Ini adalah lengan robot, di gerakan secara otomatis, semua tanpa campur tangan tenaga manusia.  


Spoiler for 

Lengan robot ini dilengkapi dengan motor bantalan cair dasar Disk (disk yang sebelum instalasi). lengan robot ini secara otomatis akan menyesuaikan posisi horizontal.  


Spoiler for 

Proses perakitan kepala di lakukan secara presisi pada disk.  


Spoiler for 

Setelah semua bagian internal hard drive dirakit, hard drive ditutup dan disegel, proses ini dilakukan secara otomatis oleh mesin.  


Spoiler for 

Proses pengujian memastikan tidak menerima listrik statis dari luar, dengan menutup plexiglass isolasi di atas kaca, proses ini dilakukan secara sampling dan sangat ketat.  


Spoiler for 

Setelah itu bagian bawah di tutup dengan papan busa, terutama untuk mencegah guncangan dan melindungi bagian internal perangkat.  

Comments

Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...