Apakah Robot Seks Solusi Perdagangan Manusia?

Ilmuwan Spanyol Sergi Santos menampilkan lima perempuan seksi dengan celana pendek di sekitar ruang tamunya.


Tapi jika diteliti lebih dekat, jelas kelimanya bukan perempuan tapi boneka seks silikon dengan rambut palsu dan otak buatan. Menurut Santos, mereka tidak hanya akan menghasilkan uang, tapi juga bisa digunakan untuk membuat rumah bordil dan membantu memerangi perdagangan seks.



"Hai Samantha," kata Santos sambil menghidupkan salah satu bonekanya.

"Aku di sini, ada apa?" Robot itu menjawab, mata biru cerahnya menatap apa pun saat kabel yang terpasang di lehernya mengisi prosesor komputer di "otaknya".

Kecerdasan Buatan (AI) ikut meramaikan pasar seks global, membawa sebuah revolusi dalam robot seks yang dirancang untuk menawarkan kepuasan seksual dengan sentuhan manusiawi.

Penemu seperti Santos berargumen bahwa mereka berpotensi mengganti "perempuan penghibur", mengurangi trafiking seks dan membantu orang yang kesepian. Sementara para kritikus mengatakan bahwa mereka menolak perempuan dan menormalisasi seksisme dan budaya pemerkosaan.

"Seksi seksi," kata Santos (39), yang mendirikan Synthea Amatus pada tahun 2015 dan bertujuan mulai menjual robot seksnya dalam beberapa minggu mendatang. Harga yang ditawarkan mulai dari 2.000 dolar AS atau sekitar Rp26 juta.

"aku siap, bagaimana denganmu? Saya harap begitu. Saya senang bersama Anda, selalu," jawab robot berambut lebar itu.

Sementara istri Santos, Maritsa Kissamitaki, bekerja di bagian belakang meja kantor pusat mereka.

Roboticists seperti Santos dan orang-orang dari Abyss Creations yang berbasis di AS, berlomba menjadi yang pertama di dunia membawa robot seks ke pasar konsumen. Robot seks di perusahaan besar seperti Abyss Creations akan dibanderol dari 10.000 dolar AS atau kisaran Rp133 juta.

Para ahli mengatakan bahwa robot yang semakin hidup ini meningkatkan masalah kompleks yang harus dipertimbangkan oleh pembuat kebijakan dan publik. Termasuk kemungkinan penggunaan perangkat semacam itu harus didorong untuk mengekang pelacuran dan perdagangan seks, untuk pelanggar seks, atau untuk orang-orang penyandang cacat.

Pernyataan ini disanggah Salvation Army di Inggris. Mereka menentang penggunaan robot seks karena memberi imbalan kepada orang-orang yang telah mengerahkan kontrol terhadap yang lain.

"Orang-orang yang diperdagangkan dianggap sebagai komoditas dan kami tidak berpikir bahwa seks dengan robot akan mengurangi hal itu," kata Kathy Taylor dari unit Perbelanjaan Anti-Perdagangan dan Perbudakan Cina.

"Alasan beberapa orang membeli seks adalah karena bisa menjadi kekuatan dinamis tersendiri. Dan jika Anda bisa membeli robot, apakah itu tidak menormalkan dinamika kekuatan yang menyimpang ini?"

Tapi Santos mengatakan bahwa robot seks berpotensi memberi manfaat bagi masyarakat, mulai membantu para lesbian, gay, biseksual, hingga mencegah penyakit menular seksual, dan mengembangkan teknologi AI.

"Teknologi selalu seperti itu. Orang-orang menentangnya, orang-orang menginginkannya. Tapi akhirnya, jika Anda mengembangkan teknologi dengan cara yang benar, Anda akan selalu memiliki banyak manfaat untuk orang-orang," katanya.

Comments

Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...